Penyebab Punahnya Dinosaurus Karena Faktor Biologis


Penyebab Punahnya Dinosaurus Karena Faktor Biologis


Penelitian terbaru mengungkap sebab kepunahan lain dari Dinosaurus. Kondisi alam atau ekosistem lingkungan yang buruk sekira 145,5 sampai 65,5 juta tahun lalu lah yang menjadi penyebabnya.

"Lebih banyak spesies punah akibat matinya tanaman tertentu di komunitas (dinosaurus) termuda. Kami dapat melacak perbedaan ini dengan menanggapi perubahan dalam sejumlah kelompok ekologis yang utama, misalnya dinosaurus pemakan tumbuhan seperti Triceratops dan mamalia kecil," ujar Jonathan Mitchell, peneliti dari University of Chicago Committee on Evolutionary Biology, seperti dikutip Redorbit, Kamis (01/11/2012).

Selain ekosistem yang buruk, diketahui bahwa di Semenanjung Yucatan Meksiko merupakan rumah bagi kawah Chicxulub, yang diakibatkan oleh dampak asteroid raksasa.

Dampak asteroid ini diyakini sebagai penyebab utama dari kepunahan massal di periode Cretaceous, yang terjadi 65 juta tahun lalu.

Para peneliti juga menemukan bahwa terjadi perubahan rantai makanan, yang kemungkinan besar didorong oleh kombinasi antara lingkungan dan faktor biologis. Perubahan ini mengakibatkan hewan purba lebih rapuh ketika menghadapi gangguan besar.

Komentar